15 Modul Tambahan yang Sangat Berguna Bagi Pengguna Drupal

15 Modul Tambahan yang Sangat Berguna Bagi Pengguna Drupal

Harus diakui drupal memiliki begitu banyak modul dan theme (tema) yang dibuat oleh peggemarnya dan memiliki kualitas yang bagus. Bagusnya lagi hampir semua modul drupal tersebut bisa Anda peroleh dengan gratis. Nah, dalam kesempatan ini kami ingin menyajikan daftar 15 modul tambahan (bukan core modules) yang berguna atau harus dimiliki oleh pengguna drupal, terutama pengguna baru.

Secara ringkas keberadaan modul ini bertujuan untuk mempermudah kinerja pengguna (admin) drupal dalam mengelola situs drupalnya.

Berikut 15 modul tambahan untuk mempermudah kinerja Pengguna Drupal

Daftar disajikan berdasarkan urutan abjad

Administration Menu

Modul ini akan menambahkan navigasi menu administrasi dalam bentuk drop down di bagian paling atas. Hal ini tentu akan mempermudah Anda dalam mengelola situs berbasis drupal. Cukup arahkan kursor Anda ke menu drop down, cari apa yang Anda inginkan lalu klik maka Anda akan dibawa ke halaman yang Anda maksud. Lebih praktis daripada harus bolak-balik ke halaman utama Admistrasi.

Backup and Migrate

Modul ini sangat berguna sekali karena dapat melakukan backup dari situs drupal yang Anda buat baik secara manual maupun otomatis. Selain backup, modul ini juga dapat digunakan untuk merestore atau mengembalikan situs Anda dari file backup yang ada. Selain itu jika Anda pindah hosting atau ingin memindahkan isi situs dari server lokal ke hosting luar maka Anda dapat menggunakan fasilitas restore atau migrate ini.

Chaos Tool Suite (Ctools)

Modul Chaos Tool Suite (Ctools) merupakan perangkat API dan tool (alat) untuk mengembangkan modul terutama yang berkaitan dengan pengelolaan halaman. Dalam perkembangannya modul ini telah menjadi modul yang diperlukan untuk menjalankan modul lainnya seperti Metatag, Views, dll.

Date

Modul Date sangat membantu Anda jika Anda ingin membuat agenda, jadwal kegiatan, atau hal lain yang berhubungan dengan tanggal.

Display Suite

Display Suite sangat membantu Anda yang suka mengotak-atik tampilan web tanpa harus mengedit file template. Anda bisa mengubah tampilan artikel menjadi 1 kolom, 2 kolom, atau tiga kolom. Menentukan tampilan berdasarkan content type, views, bahkan per node.

Metatag

Jika Anda sangat peduli dengan peringkat situs di mesin pencari maka Anda harus menginstal modul Metatag. Modul ini sangat membantu Anda untuk menambahkan informasi meta (title, meta description, dll) ke dalam node yang Anda buat termasuk di halaman depan, taxonomy maupun halaman lainnya.

Module Filter

Module Filter akan menampilkan filter berdasarkan kategori dan kata kunci yang Anda masukkan. Modul ini sangat sesuai bila Anda memiliki begitu banyak modul dan ingin mencari modul tertentu dengan cepat. Anda juga dapat mem-filter modul berdasarkan modul yang Enabled, Disabled, Required, dan Unavailable.

Pathauto

System drupal akan menamakan url yang dibuat ke dalam format (misalnya) ?=node/1. Format ini bisa Anda rapikan dengan fasilitas clean url dengan format node/1 Nah, jika Anda ingin menentukan atau membuat sendiri alamat url dari artikel yang Anda buat maka Anda bisa menggunakan modul Pathauto. Proses membuat nama url bisa dilakukan secara manual maupun otomatis berdasarkan konfigurasi yang telah dibuat sebelumnya. Dengan demikian Anda bisa membuat alamat url menjadi /contoh-judul-artikel daripada menggunakan /node/1.

Redirect

Ada kalanya Anda ingin / harus mengubah alamat url Anda. Walaupun Anda dapat melakukannya dengan menggunakan modul pathauto namun akan muncul masalah yaitu orang tidak akan dapat lagi mengakses alamat url yang lama yang sudah muncul di mesin pencari. Nah, untuk mengatasi masalah ini Anda dapat menggunakan modul Redirect. Modul ini bertugas untuk mengalihkan url lama (yang Anda ganti) ke url yang baru Anda buat (301 redirects)

Redirect 403 to User Login

Jika Anda membuka situs url yang diproteksi (hanya bisa dibuka oleh user tertentu) maka Anda akan mendapatkan peringatan Access denied! You must login to view this page. Daripada memunculkan peringatan tersebut lebih baik pengunjung dialihkan ke halaman login dengan modul Redirect 403 to User Login. Setelah login pengunjung akan diarahkan kembali ke halaman yang dimaksud.

Token

Modul Token akan mempermudah Anda untuk menempatkan variabel drupal ke dalam situs drupal secara sederhana. Misalnya Anda ingin membuat url berdasarkan judul dengan modul pathauto maka Anda hanya perlu menambahkan [title] atau tanggal dengan format [date]. Modul ini juga sering menjadi required module atau modul yang dibutuhkan oleh modul lainnya

Views

Views merupakan modul drupal untuk membantu pengguna menampilkan data dari database tanpa harus memahami bahasa pemrograman database. Anda cukup memahami UI (User Interface) yang diberikan oleh modul ini. Sebagai contoh Anda bisa menggunakan Views untuk menampilkan postingan dengan kategori tertentu atau menampilkan daftar agenda atau kegiatan yang akan berlangsung. Pada intinya modul Views sangat membantu Anda untuk mengelola isi drupal tanpa harus memahami bahasa pemrograman database.

Webform

Form kontak bawaan drupal memiliki keterbatasan sehingga Anda akan kesulitan untuk mengembangkannya atau mengubah form kontak sesuai keinginan Anda. Untuk mengatasi hal ini Anda dapat menggunakan moduld Webform, sebuah modul untuk membuat berbagai form seperti kontak, survey, biodata, dll. Anda dapat menambahkan berbagai macam model field, mengarahkan hasil form ke email dan dan menampilkan statistik penggunaan form di bagian administrasi.

WYSIWYG

Modul WYSIWYG memang tidak menyediakan fitur wysiwyg secara langsung tetapi Anda harus menambahkannya sendiri. Keuntungannya Anda bisa menggunakan script wysiwyg yang menjadi favorit Anda dan menggunakannya untuk membuat suatu konten di drupal.

XMLSitemap

Sitemap sebuah situs biasanya diperlukan oleh beberapa mesin pencari (Google, Bing, dll) untuk mendata isi situs Anda (crawl). Modul XMLSitemap ini dapat membuat secara otomatis sitemap untuk situs Anda sehingga Anda tinggal memasukkan alamatnya ke mesin pencari.

Demikian tadi kelimabelas modul drupal yang seharusnya Anda instal di situs drupal Anda. Bila Anda memiliki modul pilihan lainnya silakan berbagai menggunakan form komentar di bawah ini.

Kategori: 
Tag: