7 Alasan Mengapa Menggunakan Drupal

Walaupun pengguna drupal masih kalah bila dibandingkan dengan pengguna wordpress tetapi hal ini bukanlah alasan untuk tidak menggunakan drupal. Ada beberapa hal yang membuat drupal masih tetap terasa lebih hebat dibandingkan cms lainnya. Dengan demikian bila Anda pemain baru, silakan pertimbangkan menggunakan drupal. Tetapi bila Anda pemain cms lama dan belum pernah mencoba drupal maka silakan mencoba berbagai kehebatan drupal.

7 Alasan Mengapa Menggunakan Drupal
Credit: openadviser.com

Berikut 7 alasan utama mengapa Anda harus menggunakan atau mencoba drupal untuk membangun sebuah website.

1. Mendukung Berbagai Jenis Database dan Server
Tidak peduli Anda pakar di jenis database apa (MySQL, PostgreSQL, SQLite,MariaDB atau MsSQL), drupal mendukung semua jenis database tersebut. Selain itu drupal juga mampu berjalan pada server Apache, Nginx, atau IIS.

2. Dapat Digunakan untuk Membuat Berbagai Jenis Website
Apakah Anda ingin membuat website komunitas, blog, forum, profil perusahaan, portfolio, atau bisnis online? Semuanya dapat dikerjakan dengan drupal. Pada dasarnya hampir semua tipe website bisa dikerjakan dengan module yang sudah ada namun bila ingin lebih baik Anda dapat menggunakan module lain yang mendukung keinginan Anda.

3. Mendukung Multisite
Drupal memungkinkan pengguna memiliki beberapa situs dengan hanya memiliki sebuah instalasi file drupal di server. Hebatnya database juga bisa diatur apakah dibuat beda atau sama dengan menambahkan prefik untuk membedakan table untuk situs yang satu dengan table untuk situs yang lain. Bila database sama, masih juga bisa diatur table apa saja yang memiliki nama sama untuk beberapa website. Menyenangkan bukan?

4. Mendukung Multilingual (Multi Bahasa)
Drupal juga mendukung multilingual yang memungkinkan Anda memiliki website dalam berbagai bahasa.

5. Menciptakan query database tanpa harus coding melalui module View
Ya, dengan module view Anda bisa membuat query database tanpa harus melalui coding. Cukup dengan menentukan table yang ingin dipanggil, batasannya, dan hal-hal lain seperti ketika membuat query di database. Sebagai contoh Anda bisa saja membuat halaman yang isinya artikel dengan kategori musik dan artis.

6. Templete yang mudah diubah
Sebagian situs drupal yang saya buat menggunakan templete sederhana yang kemudian saya ubah sendiri dengan berbagai penambahan seperlunya. Templete drupal juga bisa memanggil jquery untuk halaman atau kategori tertentu saja.

7. Konsep yang Menarik
Drupal memiliki konsep menarik yang terdiri dari node, taxonomy, user, block dimana Anda bisa membuatnya sebanyak yang Anda mau sesuai dengan kreatifitas Anda.

Demikian 7 alasan mengapa Anda seharusnya mencoba drupal. Namun, memang tidak dapat diingkari drupal tidaklah terlalu user-friendly alias mudah dipahami oleh pengguna awam. Namun, jika Anda sudah mengerti maka Anda bisa saja kagum dengan kehebatan drupal.

 

Kategori: 
Tag: 

Add new comment