Admin Toolbar: Drop Down Menu untuk Administrasi Drupal 8

Admin Toolbar: Drop Down Menu untuk Administrasi Drupal 8

Entah kenapa Drupal (hingga Drupal 8) tidak pernah menyertakan fasilitas drop down untuk menu administrasi walaupun selalu selalu ada peningkatan bentuk menu administrasi dalam setiap versi drupalnya. Jika Drupal 6 tidak menyertakan navigasi administrasi di bagian atas maka Drupal 7 menyertakannya sebagai modul inti (toolbar); sayangnya navigasi tersebut tidak mendukung drop down sehingga Anda perlu modul tambahan. Begitu juga di Drupal 8 walaupun navigasi administrasi dalam bentuk toolbar sudah lebih baik bahkan responsive tetapi tetap tidak mendukung drop down jika menu ditampilkan sebagai horizontal toolbar.

Keberadaan navigasi model drop down ini sendiri sebenarnya sangat berguna untuk mempercepat akses ke berbagai menu di bagian administrasi. Bayangkan jika Anda ingin membuat sebuah tipe konten baru maka Anda harus masuk ke menu Structure lalu Content types dan baru klik Add content type. Terlalu lama bukan? Lebih lebih cepat bila menu navigasi disajikan dalam bentuk drop down; cukup hover menu lalu klik halaman tujuan.

Memang Drupal 8 juga dilengkapi dengan modul Shortcut yang memungkin Anda untuk menambahkan berbagai menu atau link internal sebagai shortcut. Namun, Anda perlu sedikit usaha untuk menambahkan link sebagai shortcut dan tentu saja lebih praktis dan mudah dipahami sebuah navigasi dengan drop down daripada kumpulan shortcut.

Jika di Drupal 6 atau 7, Anda bisa menggunakan modul Administration Menu maka di Drupal 8, Anda dapat menggunakan modul Admin Toolbar

Berbeda dengan Administration Menu yang akan membentuk toolbar atau menu horizontal baru, Admin Toolbar hanya bersifat memaksimalkan keberadaan Drupal Toolbar dengan menambahkan fungsi drop down pada toolbar tersebut.

Instal Admin Toolbar

Admin Toolbar
Admin Toolbar

Proses instal modul Admin Toolbar sangatlah mudah. Pertama unduh terlebih dahulu module Admin Toolbar ke situs Drupal 8 Anda lalu instal seperti proses instal modul lainnya.

Selanjutnya arahkan mouse pada pada bagian toolbar atau menu (alihkan menjadi toolbar jika navigasi tampil sebagai sidebar) dan lihatlah sekarang toolbar di Drupal 8 Anda sudah mendukung drop down menu.

Selamat mencoba!

Kategori: