Bagaimana Me-non-aktifkan Clean URL

Bagaimana Me-non-aktifkan Clean URL

Clean URL merupakan salah satu fitur Drupal yang memungkinkan pengguna memiliki struktur alamat situs dari /?q=node/1 menjadi /node/1. Hanya saja tidak semua hosting mendukung fitur ini. Nah, masalah yang sering terjadi adalah fitur ini sudah diaktifkan namun mendadak penggunaannya tidak bisa atau menghasilkan eror ketika membuka halaman yang dimaksud. Hal ini terjadi karena beberapa kemungkinan yaitu:

  • Database yang ditransfer dari database di hosting yang berbeda
  • Melakukan restore dari sebuah backup dan tidak menyertakan file .htaccess
  • Menghapus file .htaccess
  • Upload versi lokal (di server PC) ke hosting atau sebaliknya
  • Atau karen hosting yang digunakan menggubah konfigurasi server sehingga tidak dapat menjalankan Clean URL

Jika Anda mengalami masalah ini maka berikut beberapa cara penyelesaikannya:

Non Aktifkan dari Web

Pastikan Anda login terlebih dahulu melalui http://contohdomain.com/?q=user lalu masuk ke http://contohdomain.com/?q=admin/config/search/clean-urls dan non aktifkan (hilangkan centang) opsi Enable clean URLs lalu klik Save Configuration. Sekarang Anda dapat menjelajahi seluruh isi situs dari menu yang sudah Anda buat.

Menggunakan Script

Namun, apabila Anda tidak dapat membuka menu admin dengan format url seperti diatas (saat dibuka kembali ke model clean urls) maka cara lain ialah dengan langsung menggunakan script yaitu

Menggunakan Drush
drush vset clean_url 0 --yes

Menggunakan MySQL(Bisa dijalankan di PHPMyAdmin)
UPDATE variable SET value = 's:1:"0";' WHERE name = 'clean_url';
DELETE FROM cache;

Modifikasi File settings.php

Modifikasi file settings.php lalu tambahkan kode dibawah ini di bagian akhir file. Kemudian simpan dan unggah kembali file settings.php ini.
$conf['clean_url'] = 0;

Setelah Anda mencoba salah satu cara menggunakan script tersebut lalu buka kembali situs drupal Anda dan sekarang Anda dapat menjelajahi keseluruhan situs dengan model url seperti bawaan drupal. Untuk mengaktifkan kembali format Clean URLs maka masuk menu Administration » Configuration » Search and metadata » Clean URLs atau klik http://contohdomain.com/?q=admin/config/search/clean-urls

Selamat Mencoba

Kategori: