Bagaimana Melakukan Update Pada Drupal?

Bagaimana Melakukan Update Pada Drupal?

Dalam dunia per-drupal-an ada istilah update dan juga upgrade versi Drupal core. Tujuannya sama yaitu untuk memperbaharuhi versi drupal dengan versi terakhir yang lebih stabil. Bedanya kalau update hanyalah memperbaharuhi versi minor sementara versi major sama. Sedangkan upgrade memperbaharuhi versi major menjadi lebih tinggi. Lalu apa itu versi major dan versi minor.

Kalau ada file Drupal 7.43 berarti versi mayor adalah Drupal 7 sedangkan versi minor yaitu 43. Update drupal artinya memperbaharuhi versi drupal yang masih satu versi major ke versi minor yang lebih tinggi. Misalnya Drupal 7.43 di update ke Drupal 7.44. Sementara itu upgrade drupal berarti memperbaharuhi dari Drupal 7 menjadi Drupal 8 atau dari Drupal 6 menjadi Drupal 7.

Lalu bagaimana Proses Update Drupal.

Berbeda dengan update modul yang dapat dikerjakan melalui website secara otomatis (seperti halnya update plugin Wordpress) maka update Drupal core harus dilakukan secara manual yaitu unggah file drupal terbaru ke situs Anda menggunakan FTP, SFTP, atau koneksi lainnya.

Sebelum melakukan proses update (termasuk sebelum mengunggah file drupal terbaru), sebaiknya Anda melakukan backup sekadar untuk berjaga-jaga apabila ada kesalahan atau kerusakan setelah proses update. Backup dapat dilakukan dengan modul Backup and Migrate

Offline kan situs dengan mengaktifkan maintance mode melalui menu Administration » Configuration » Development » Maintenance mode. Mode ini akan membuat tidak bisa diakses selain oleh administrator. Sebagai catatan Anda jangan sampai logout ketika maintance mode diaktifkan.

Kemudian unduh file drupal versi terbaru yang sesuai dengan versi drupal yang Anda instal lalu unggah isi file tersebut ke hosting dimana Anda menjalankan situs drupal.

Sebagai catatan, jika Anda telah memodifikasi file di server Anda seperti .htaccess atau robots.txt maka sebaiknya Anda tidak perlu mengunggah file dari file drupal terbaru ke server Anda.

Selanjutnya jalankan /update.php di browser Anda dan ikuti petunjuk yang ada.

Proses update drupal telah selesai
Proses update drupal telah selesai

Jika ada kendala saat proses update maka hasilnya akan ditampilkan kepada Anda. Namun ada kalanya terdapat tulisan No Pending Update walaupun Anda sudah mengunggah file drupal terbaru. Hal ini dapat Anda abaikan karena proses update sudah berjalan dengan baik.

Versi drupal sudah up to date
Versi drupal sudah up to date

Silakan cek di status report (Administration » Reports » Status report) untuk melihat apakah Anda menggunakan drupal versi terbaru atau tidak.

Untuk proses upgrade akan disajikan dalam tulisan yang lain.

Tutorial mengenai update drupal ini juga dapat Anda temukan di sini (English)

Kategori: