Bagaimana Membuat Form Pencarian Menggunakan Views

Bagaimana Membuat Form Pencarian Menggunakan Views

Modul Views merupakan salah satu modul yang wajib dimiliki oleh pengguna drupal versi dibawah Drupal 8; modul views sudah menjadi core modul di Drupal 8. Selain mampu menampilkan halaman atau block yang berisi postingan dengan kriteria tertentu, modul views juga mampu menampilkan form pencarian dengan kriteria yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sebagai contoh apabila Anda ingin menampilkan form pencarian hanya di content type article maka Anda bisa melakukannya dengan menggunakan Views.

Lalu Bagaimana Cara Membuat Form Pencarian Menggunakan Views?

Pada dasarnya ada dua bagian yang harus Anda kerjakan, pertama membuat view baru sedangkan kedua meletakkan form dalam bentuk block ke region yang Anda pilih.

1. Membuat View

Sebelum membuat views-nya pastikan Anda telah mengaktifkan modul Search terlebih dahulu dan modul tersebut telah meng-indexs semua content situs drupal Anda. Konfigurasi search dapat ditemukan di Administration » Configuration » Search and metadata

Catatan: Tutorial ini menggunakan Drupal 7, View di Drupal 8 hampir sama hanya perlu sedikit penyesuaian

Buat View baru di Administration » Structure » Views » Add new view

Membuat View Baru
Membuat View Baru

Masukkan nama view di kolom View Name lalu pilih Show: Content of type: Pilih tipe content yang hendak ingin Anda tampilkan di hasil pencarian. Sedangkan bagian Tagged with dan sorted by dapat Anda abaikan atau biarkan sesuai default.

Selanjutnya di cek bagian Create a page lalu isi kolom Page title dengan judul halaman, dan Path untuk alamat halaman view ini.

Pada bagian Display format pilih [Unformatted] list of [teaser] [with links (allow users to add comments, etc.] [without comments]

Lalu tentukan berapa banyak content per halaman di bagian Items to display. Menu berikutnya dapat Anda centang bila di rasa perlu yaitu: Use a pager: Menggunakan nomor halaman bila content melebihi satu halaman, Create a menu link: Menambahkan menu untuk view ini. Include an RSS feed: Menambahkan RSS pada view ini.

Bagian berikutnya yaitu Create a block bisa Anda abaikan (tidak perlu dicentang) karena kita akan membuat form pencarian berdasarkan page (halaman) yang kita buat ini.

Setelah semua selesai lalu klik tombol Continue & edit

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi detail View. Bagian Halaman (Page) dan Block disajikan per-tab pada bagian pojok kiri atas. Anda juga dapat menambahkan bagian baru untuk view yang dibuat baik untuk Page, Block, Feed, atau Attachment.

Pada bagian samping kiri di samping menu Filter criteria klik tombol Add hingga muncul popup Add filter criteria. Pada form Search tulis Search Term. Kemudian cek opsi Search: Search Term. Setelah itu klik tombol Apply (All displays).

Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman konfigurasi Search: Search Term. Pada bagian ini Anda harus mencentang bagian Expose this filter to visitors, to allow them to change it untuk menampilkan form pencarian bagi user. Bila ini diabaikan maka form pencarian hanya untuk administrator saja. Tulis judul form pencarian pada form Label. Bagian lain dapat Anda abaikan atau centang sesuai selera :). Setelah itu klik tombol Apply (All displays).

Setelah itu arahkan mata Anda ke bagian sebelah kanan yaitu menu Advanced, klik bagian ini untuk melihat opsi yang ada di dalamnya.

Di sebelah bawah klik Use Ajax dan pilih Yes pada pilihan yang ada. Selanjutnya klik Exposed form in block dan pilih Yes pada pilihan yang ada. Bagian ini akan mengalihkan form dari halaman ke dalam bentuk block. Sehingga bila user membuka halaman yang dimaksud mereka tidak akan menemukan form pencarian melainkan hanya hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang dimasukkan,

Jika sudah selesai, klik tombol Save di bagian kanan atas halaman ini untuk menyimpan views.

Meletakkan Block pada Region

Berikutnya Anda harus meletakkan block yang dihasilkan oleh view yang baru Anda buat ini ke region yang Anda pilih sehingga user dapat menggunakannya.

Block dari view tadi memiliki format nama: Exposed form: < nama view >. Pindahkan block ini ke region yang Anda inginkan kemudian klik tombol Save blocks.

Untuk melihat hasilnya silakan Anda masuk bagian depan atau bagian yang memungkinkan Anda melihat form pencarian dan coba untuk melakukan pencarian

Selamat mencoba.

Kategori: