Cara Menambahkan Field Baru di Content Type Drupal 7

Salah satu keunggulan CMS Drupal ialah kemampuannya untuk menambahkan field atau input alias kolom isian saat akan membuat sebuah tulisan. Hal ini sangat berguna jika Anda ingin menambahkan kolom isian tertentu di bagian Create Content selain kolom title dan body. Misalnya Anda ingin menambahkan kolom kategori, gambar, atau link sebagai sumber tulisan atau sumber bacaan lainnya.

Kemampuan menambahkan field ini dimungkinkan berkat adanya modul Field yang sudah menjadi Core Module atau modul inti yaitu modul bawaan Drupal 7. Walau beberapa tipe kolom seperti link dan tanggal tidak tersedia sebagai modul inti namun modul untuk tipe kolom ini sudah tersedia dan Anda dapat menambahkankannya sendiri dengan mudah.

Lalu bagaimana cara menambahkan tipe kolom ke dalam salah satu content type?

Menambahkan Field di Content Type
Menambahkan Field di Content Type

Secara sederhana langkah menambahkan field atau kolom baru di sebuah content type adalah sebagai berikut:

Buka content type yang Anda ingin tambahi kolom dan langsung buka tab Manage Fields. Misalnya Anda ingin menambahkan kolom di content type Basic Page maka buka halaman Admin -> Structure > Content Types > Basic Page > Manage Fields

Selanjutnya pada bagian Add new field tulis judul field atau kolom dan secara otomatis nama tersebut akan muncul dibagian Machine Name. Nama mesin tersebut akan berguna saat Anda mengotak-atik template drupal. Lalu pilih Field Type yang sesuai dengan data yang ingin Anda masukkan dan Widget untuk menentukan tampilan dari tipe kolom yang dipilih.

Sebagai contoh untuk isian nama, alamat, atau deskripsi singkat bisa menggunakan field type: Text dengan widget: Text Field.
Untuk mengunggah gambar menggunakan field type: Image dengan widget: image.
Untuk menampilkan kolom yang berisi pilihan bisa menggunakan field type: List (text) dengan widget Check boxes/radio buttons atau Select list untuk pilihan berbentuk dropdown.

Kemudian klik tombol Save untuk menyimpan kolom yang baru tersebut.

Selanjutnya Anda akan masuk tab Field Settings untuk melakukan konfigurasi terhadap field type yang Anda pilih. Masing-masing field type memiliki pengaturan (konfigurasi) yang berbeda satu dengan yang lainnya. Selanjutnya klik tombol Save field settings untuk menuju pengaturan selanjutnya.

Kemudian Anda akan dibawa ke tab Edit untuk melakukan pengaturan detail mengenai field type yang Anda pilih. Walaupun masing-masing field type memiliki pengaturan yang berbeda dan ada beberapa yang sama yaitu: bagian Label (nama kolom), Required (apakah kolom ini harus diisi saat memposting tulisan), Help Text (sebagai panduan bagi editor saat hendak menggunakannya), Default Value (isian bawaan yang akan selalu muncul jika hendak memposting tulisan di content type tersebut) dan dibagian bawah yaitu Body field settings bagian Number of values dimana Anda akan diminta untuk menentukan apakah kolom ini hanya menerima satu kali masukan, beberapa atau banyak (unlimited). Sebagai contoh bila Anda menentukan 3 untuk kolom gambar maka berarti editor bisa mengunggah gambar sampai 3 gambar.

Konfigurasi lain akan berbeda untuk masing-masing field type.

Setelah selesai lalu klik tombol Save settings dan pengaturan field type selesai. Anda akan dibawa kembali ke tab Manage Fields

Mengatur Tampilan Kolom (Field) Pada Konten

Setelah itu jangan lupa masuk tab Manage Display untuk mengatur tampilan isi kolom pada tampilan konten. Di bagian ini Anda akan menemukan 2 tab yaitu Default (pengaturan tampilan di konten secara keseluruhan) dan Teaser (pengaturan tampilan di bagian teaser atau summary di daftar kontent atau halaman depan). Masing-masing tab memiliki tampilan dan fungsi pengaturan yang sama.

Mengatur Tampilan Field di Content Type
Mengatur Tampilan Field di Content Type

Pengaturannya adalah sebagai berikut:

Label: Pada bagian ini Anda dapat menentukan dimana akan memasang Label atau judul isi kolom. Apakah di atas (Above), sejajar dengan isi kolom (Inline) atau justru dihilangkan (Hidden)
Format: Pada bagian ini Anda dapat menentukan bagaimana menampilkan isi kolom tersebut. Masing-masing field type memiliki format yang berbeda-beda. Selain itu akan muncul pengaturan tambahan untuk beberapa format. Bila Anda tidak ingin memunculkan field type tersebut maka Anda hanya perlu memilih Hidden untuk menyembunyikannya.

Selain itu Anda juga bisa mengatur susunan kolom atau field tersebut dengan cara klik tanda + yang berupa panah lalu menggeser ke atas atau ke bawah sesuai keinginan Anda.

Yang menarik, drupal juga mengizinkan Anda untuk mengatur tampilan kolom ini bukan hanya untuk tampilan isi keseluruhan (full content) tetapi juga teaser, RSS, atau search. Klik pada pilihan Custom display settings lalu centang bagian yang ingin Anda atur tampilan fieldnya.

Setelah itu klik tombol Save untuk menyimpan konfigurasi dan bagian yang Anda centang tadi akan muncul pada menu tab.

Jika hanya membaca mungkin proses menambahkan field atau kolom di drupal akan terasa sulit namun bila sekalian dipraktekan maka hal ini akan mudah dikerjakan.

Selamat mencoba!

Kategori: