Menambahkan Google Analytics ke web Drupal tanpa Module Tambahan

Menambahkan Google Analytics ke web Drupal tanpa Module Tambahan

Hampir sebagian besar orang tahu Google Analytics yang berfungsi sebagai 'perekam' siapa saja yang pernah berkunjung ke web kita dan dari mana datangnya (referensi, mesin pencari, atau secara langsung). Diantara mereka yang tahu, juga menggunakan Google Analytics di website mereka. Untuk web berbasis drupal sebenarnya sudah tersedia modul Google Analytics yang berfungsi untuk menambahkan kode Google Analytics ke web Anda. Namun, bila Anda tidak ingin menginstal terlalu banyak modul maka Anda juga dapat menambahkan kode tanpa harus menginstal modul tersebut.

Menambahkan Google Analytics dengan Modul Google Analytics

Cara kerja modul Google Analytics sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu install dan aktifkan modul lalu tambahkan Web Property ID yang ada di akun Google Analytic Anda di halaman konfigurasi modul Google Analytics pada situs Drupal Anda. Silakan lihat pada gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Modul Google Analytics
Modul Google Analytics

Menambahkan Google Analytics Tanpa Menggunakan Modul

Namun, dalam situasi tertentu (mungkin space hosting terlalu sedikit atau penambahan modul tidak diperbolehkan oleh penyedia hosting) maka ada cara lain tanpa menggunakan modul dan tanpa harus masuk ke file / berkas tema. Inti dari cara ini ialah menggunakan fitur blok. Anda juga dapat mengatur blok yang berisi kode Google Analytics ini nanti akan muncul di halaman apa saja.

Menambahkan Google Analytics Tanpa Menggunakan Modul

  • Masuk ke situs Google Analyticss lalu login menggunakan akun Anda
  • Pilih akun yang ingin Anda gunakan untuk merekam / track statistik di situs Drupal Anda lalu klik menu Admin di bagian kiri bawah
  • Klik bagian Tracking Info > Tracking Code lalu copy seluruh isi yang ada di bagian Global Site Tag (gtag.js). Paste atau tempelkan kode tersebut pada text editor dan simpan agar dapat diakses dengan mudah bila suatu hari memerlukannya.
    Global Site Tag
    Global Site Tag
  • Selanjutnya buat blok baru di situs Drupal Anda. Blok baru dibuat dari (Drupal 7) menu Admin -> Structute -> Add Block atau akses [namadomain]admin/structure/block/add
    atau [namadomain]?q=admin/structure/block/add apabila Anda tidak mengaktifkan fitur clean url
  • Pastekan kode tadi ke bagian body dari blok baru yang Anda buat dan pilih text format full html. Kemudian pada bagian Region Setting pilih bagian footer untuk sebagai lokasi blok.
  • Anda juga dapat menentukan pada halaman mana saja blok ini akan ditampilkan atau pada bagian mana saja kode ini aktif. Dengan kata lain kalau kode tidak ditampilkan di halaman admin maka kode tidak akan aktif / tidak akan merekam jejak di halaman admin
  • Terakhir klik Save untuk menyimpan blok baru tersebut

Setelah itu Anda bisa melihat hasil kerja kode tersebut di dashboard Google Analytics Anda

Selamat mencoba

Kategori: