Modul Link Image Field: Membuat Kolom untuk Gambar dengan Link

Modul Link Image Field: Membuat Kolom untuk Gambar dengan Link

Dengan modul Image kita bisa menambahkan atau mengunggah gambar di postingan kita, namun bagaimana bila kita ingin menambahkan tautan keluar pada gambar tersebut? Sebagai contoh kita ingin membuat halaman yang berisi gambar yang masing-masing nge-link ke postingan lain atau alamat situs lain. Untuk mengatasi hal ini Anda perlu menginstal modul Link Image Field.

Secara ringkas modul Link Image Field merupakan modul image dengan tambahan field url termasuk field title, target, bahkan class atau ID untuk url tersebut. Anda juga masih dapat menambahkan informasi title maupun alt untuk gambar yang Anda upload. Sayangnya Link Image Field ini masih dalam tahap development (Dev) sejak 30 September 2013 dan belum ada pembaharuan sampai tulisan ini dibuat. Namun, sepanjang pengalaman penulis menggunakan modul ini tidak ditemukan permasalah yang cukup mengganggu.

Proses instalasi sama seperti instalasi modul drupal lainnya. Karena ini module field maka modul ini dapat Anda temukan saat menambahkan field di salah satu content type yang Anda miliki. Caranya sama seperti menambahkan field lainnya.

Masuk ke bagian Manage Fields pada content type yang ingin Anda tambahi field Link Image lalu masukkan nama field yang akan dibuat dan pilih Field type: yaitu Link Image, sedangkan widget akan otomatis memilih Link Image. Selanjutnya klik Save.

Anda akan di bawa ke halaman Field settings untuk menentukan apakah gambar yang nanti diunggah bersifat Public (umum) atau Private (personal). Selain itu Anda juga dapat menentukan gambar default yang akan muncul setiap kali membuat content baru. Selanjutnya klik Save field setting.

Eror di bagian Edit Link Image Field
Eror di bagian Edit Link Image Field

Selanjutnya di bagian Edit, Anda tidak perlu kaget apabila menemukan eror seperti gambar di atas. Kesalahan atau eror tersebut berasal dari modul namun tidak akan berpengaruh terhadap fungsi modul. Jadi abaikan saya eror tersebut.

Secara umum konfigurasi di bagian ini hampir sama seperti konfigurasi Field Image namun ada penambahan yaitu konfigurasi URL Link settings untuk menentukan link yang akan Anda sertakan di field ini, apakah memiliki title, apakah url akan dibuka di jendela baru, dan konfigurasi lainnya.

Jika sudah cukup lalu klik Save setting dan lakukan pengaturan tata letak saat membuat konten baru dan juga bagaimana menampilkannya ke pembaca.

Sekali lagi walau statusnya masih dev dan belum pernah diperbaharui namun modul ini dapat bekerja dengan baik bagi penulis. Namun jika Anda ragu-ragu maka Anda dapat mencoba menggunakan modul lainnya yang akan kami tampilkan di web ini.

Selamat Mencoba!

Kategori: