Pilih Drupal atau Blogspot?

Pilih Drupal atau Blogspot?

Pilih Drupal atau Blogspot? Sebelum mencoba menjawab perlu digaris bawahi bahwa Drupal dan Blogspot ini memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Ibaratnya pilih motor apa mobil :) Jawabannya tentu tergantung selera, situasi, dan juga kondisi keuangan (apabila disuruh membeli). Walaupun ada perbedaan yang cukup mencolok, tetap saja ada yang bertanya mengenai pilih Drupal atau Blogspot.

Dalam tulisan ini kami mencoba untuk menjelaskan mana yang sebaiknya Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda masing-masing. Namun sebelumnya mari kita lihat cakupan masing-masing layanan beserta kelebihan dan kekurangannya.

Blogspot

Blogspot atau dikenal juga dengan nama Blogger merupakan layanan gratis dari Google yang khusus mengarah ke bidang blog atau catatan online. Dengan demikian Blogspot ini sangat cocok bagi mereka yang senang menulis dan cuap-cuap atau berbagi info di dunia maya.

Apakah Blogspot dapat dibuat menjadi situs lain selain sebagai blog? Bisa tetapi tentu dengan berbagai keterbatasan dan mungkin hasilnya agak sedikit pemaksaan. Sebagai contoh apakah situs Blogspot bisa dibuat sebagai situs company profile? Bisa tetapi sangat terbatas dalam hal design atau tampilan. Kalau yang dikejar hanya info yang ingin ditampilkan maka hal ini tidak masalah. Tetapi kalau juga ingin membuat tampilan yang menarik dan terkesan profesional maka disinilah Blogspot memiliki keterbatasan.

Kelebihan Blogspot dibandingkan Drupal ialah Anda tidak perlu pusing memikirkan soal hosting dan proses instalasi. Hal ini karena Blogspot yang menjadi miliki Google yang dapat langsung Anda gunakan hanya dengan memilih alamat domain yang nanti akan menjadi [pilihananda].blogspot.com . Urusan database, aplikasi, hosting, dll sudah disediakan oleh pihak Google. Karena milik Google maka layanan ini juga sudah terintegrasi dengan beberapa layanan Google seperti adsense atau Google Analytics. Anda juga tidak perlu bingung memikirkan soal keamanan atau update script, semua sudah ditangani oleh pihak Google.

Drupal

Sedangkan Drupal dapat dibuat menjadi situs apa saja, termasuk sebagai blog juga bisa. Anda bisa membuat Drupal sebagai situs blog, company profile, situs berita, online shop, dan berbagai situs lainnya sesuai dengan kreasi Anda.

Sedangkan kelemahannya dibandingkan Blogspot ialah Anda harus memiliki hosting sendiri, nama domain, dan install sendiri, juga selalu update script yang digunakan agar selalu aman. Termasuk jika Anda ingin fitur tambahan maka Anda harus install module tambahan sendiri. Imbal baliknya Anda bebas berkreasi dengan Drupal. Namun harus diakui bahwa kemampuan Drupal yang bisa dijadikan sebagai situs apa saja itu membuatnya agak sulit dipahami oleh pemula. Sedangkan kesederhanaan Blogspot justru membuatnya lebih mudah dipahami dibandingkan Drupal.

Dengan demikian kesimpulannya ialah:

Anda sebaiknya menggunakan Blogspot apabila Anda memenuhi salah satu atau beberapa kriteria di bawah ini

  • Hanya ingin memiliki diary online untuk menulis pengalaman Anda.
  • Pemula dalam bidang website.
  • Tidak memiliki waktu untuk belajar programming atau mengenai website atau justru enggan belajar.
  • Hanya ingin membuat personal web untuk menampilkan siapa Anda dan prestasi Anda.
  • Ingin yang praktis; malas berurusan dengan instalasi website, sewa domain, sewa hosting dll
  • Tidak punya modal untuk beli domain dan hosting

Anda sebaiknya menggunakan Drupal apabila Anda memenuhi salah satu atau beberapa kriteria di bawah ini

  • Ingin memiliki web yang terlihat profesional.
  • Sudah memahami / mengenal mengenai pembuatan website.
  • Ingin belajar bagaimana membuat dan mengembangkan website dari sisi teknis.
  • Ingin mengembangkan websitenya menjadi lebih dari sekadar blog biasa
  • Ingin memiliki sendiri keseluruhan isi website baik program, isi, menentukan nama domain, hosting, dll
  • Punya modal untuk membeli domain dan hosting atau sudah memilikinya

Sudah dapat menentukan pilihan? Semoga sudah. Saya pribadi jika ingin membuat web yang lebih komplek akan memilih Drupal namun untuk sekadar personal blog atau catatan ringin lebih memilih Blospot atau kalau memang ingin yang tampilannya agak bagus maka akan menggunakan Wordpress.

Lalu bagaimana dengan perbandingan Blogspot dan Wordpress ? Tunggu tulisan selanjutnya

Kategori: